Pernyataan Sikap

Kami, yang tergabung dalam ORGANISASI PERJUANGAN PENSIUNAN PERTAMINA yang disingkat OP3, dengan ini menyatakan sikap sebagai berikut:

1. Membangun Organisasi Perjuangan Pensiunan Pertamina disingkat OP3 sebagai organisasi pejuang yang tangguh, ulet, terbuka dan dapat melayani tuntutan aspirasi para anggota dan masyarakat untuk kesejahteraan.

2. Merangkai hubungan yang efektif dengan lembaga Eksekutif, Legislatif, Yudikatif dan organisasi-organisasi massa guna mencari jalan keluar agar kekayaan alam
NKRI yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan betul-betul dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran RAKYAT berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar
1945.

3. Melakukan inventarisasi terhadap potensi yang dimiliki para pensiunan Pertamina dan para ahli lainnya untuk dikaitkan dengan visi organisasi agar produksi meningkat dan operating cost ditekan turun.

4. Mengupayakan peningkatan kesejahteraan para pensiunan Pertamina dan masyarakat melalui konsep-konsep maksimalisasi potensi Dana Pensiun Pertamina yang ada, terhitung sejak berdirinya Pertamina tahun 1957 secara berkesinambungan dan transparan

5. Mendorong pengelola kapital dari dana pensiun Pertamina secara profesional, proporsional dan komprehensif untuk pemanfaatan maksimal kapital dimaksud guna peningkatan kesejahteraan pensiunan Pertamina dan masyarakat secara berimbang dan berkeadilan untuk antara lain Tunjangan Pensiun, Kesehatan dan Kematiannya.

6. Memberikan kontribusi aktif, positif, Extra-ordinary kepada para manajemen pengelola MINYAK, GAS, dan PANAS BUMI untuk lebih efektif, efisien dan mandiri di atas kaki sendiri, sehingga ber-orientasi laba dan memberikan nilai lebih terhadap stakeholder yang mewakili rakyat, benar-benar secara maksimal.

7. Bersinergi dengan pensiunan TNI, POLRI, PNS, dan pensiunan lain serta yang masih aktif dan juga negara sahabat lain yang sejalan dengan visi Organisasi Perjuangan Pensiunan Pertamina (OP3).